Latest Posts

Persiapan ke Taiwan (Part 2)

By 9:42 PM , , , , , ,

Pengurusan Visa Residence Taiwan.


List dokumen sebelumnya yang sudah siap :

1. Formulir dan pasfoto 4x6
2. Paspor masa berlaku min 12 bulan
3. Letter of Acceptance (asli + fotocopy)
4. Ijazah yang telah dilegalisir TETO  (Baca lengkapnya disini untuk pengurusan legalisir di Malaysia)

Langkah selanjutnya adalah.. Tes kesehatan ulang,karena yang sebelumnya sudah expired (sertifikat kesehatan hanya valid untuk 3 bulan).Lusa setelah surat kesehatan jadi,saya berangkat ke TETO Jakarta dengan segenggam dokumen yang diperluin..Karena masih berstatus pegawai di PT. Inbisco Niagatama (Mayora Group),saya berangkat pagi sekali ke TETO dengan harapan prosesnya tidak lama (taruh dan tinggal) dan bisa kembali ke kantor sebelum jm mkn siang.

Diluar harapan, ada satu yang tertinggal, cap notaris dan legalisir TETO untuk surat kesehatan. So,mau tidak mau saya harus ambil cuti 1 hari lagi.Lucunya,saat pengurusan cap notaris ini;kebetulan tmn rekomen satu notaris yang lokasinya di belakang gedung dephukam..Saat itu juga langsung menuju dephukam.Tanya sana sini.Mereka kompak bilang "ke belakang aja,nanti ada gedung yang rame orang,nah itu".Sampai ditujuan,ternyata saya digiring ke 'CALO'.HAHA. Dari awal sebenarnya udah kurang yakin.Karena menurut petunjuk teman,lokasi persisnya adalah dari pintu belakang dephukam harus naik angkutan lagi untuk ke notaris yang dimaksud.Tapi apa boleh dikata, udah mepet dan kepentok, lanjut sajalah dengan si calo :D Ada tiga lembar halaman yg diminta TETO untuk dicap, dan harga awal yang diajuin si calo adalah Rp.150,ooo /lbr, nego dn akhirnya dpt Rp.100,000/lbr.

..Besoknya saya kembali lagi ke TETO untuk legalisir surat kesehatan,biaya Rp.207,000 *express=proses pengerjaan 2HK dan Rp.138,000 *standard=proses 3HK.

5. Surat kesehatan yang sudah di cap notaris dan legalisir TETO
Note: untuk med-check, hanya bisa dilakukan di RS/klinik yang sudah ditunjuk TETO, list. Saya pribadi, med-check di klinik An-nur, selain dekat rumah harga pun terhitung murah dibanding klinik lain Rp.420,000

6. Formulir pengajuan visa (bisa langsung ambil dan isi di TETO)

..Lusanya untuk kesekian kalinya saya kembali lagi ke TETO, dan finally dokumen LENGKAP dan bisa diajuin untuk visa(jangan lupa visa yang kita ajuin adalah visa residence,karena kita akan tinggal untuk jangka waktu lama). Biaya Rp.607,000 dengan proses pengerjaan 2HK.

And....walaaaa... My visa is ready!
Ternyata mudah kan guys dan ga perlu pake jasa calo,cm perlu sedikit kesabaran,gudluck ya untuk kalian yang akan buat visa Taiwan;)

You Might Also Like

0 comments