Latest Posts

Persiapan ke Taiwan (Part 1)

By 12:20 AM , , , , , , , ,


Setelah merasakan gelar Bachelor di Malaysia,saya penasaran untuk mencoba sekolah lagi di negeri lain.Selama 6 bulan urus dan menunggu.Alhamdulillah. September tahun ini saya bisa berangkat untuk melanjutkan pendidikan master bidang manajemen informasi di Yuan Ze Univ (YZU),Taoyuan City,Taiwan.Bedanya,kali ini saya mendapat beasiswa.yap.Thanks to Allah.

Cerita sedikit pengalaman sebelumnya.Saya apply di tiga univ. di Taiwan dan diterima di ketiganya; Chung Hua Univ (CHU), National Tsing Hua Univ (NTHU), dan Yuan Ze Univ (YZU).Cukup berat untuk ngelepas NTHU, karena menurut teman disana NTHU bagus dan masuk peringkat 4 besar.Tapi dengan pertimbangan jurusan dan beasiswa yang di dapat saya memutuskan mengambil YZU.

Satu keputusan sudah dibuat,tindakan pun harus dijalankan;).Mulai me-list dokumen2 yang diperluin untuk pengurusan visa.
  1. Formulir dan pasfoto 4x6
  2. Paspor masa berlaku min 12 bulan
  3. Letter of Acceptance (asli + fotocopy)
  4. Ijazah yang telah dilegalisir TETO
Saya terhenti di list no.4.Satu hari saya menyempatkan pergi ke TETO dan bertanya mengenai ini.Jawabnya "harus legalisir di negara yang mengeluarkan ijazah (red.Malaysia)".Sempat bingung,karena saat ini saya sudah kembali ke tanah air dan bekerja di Jakarta.
Sooo.. Hari itu juga saya cari tiket ke Kuala Lumpur.Kebetulan sekali,sedang ada promo Airasia,saya dapat tiket pulang pergi Rp.1,500,000 dan ambil cuti 2 hari dari kantor.Waktu 2 hari itu saya pergunakan maksimal.

Hari pertama
Pertama.Pergi ke kementrian pengajian tinggi di Putra Jaya,KL,tepatnya di lantai 4 Bag.Akademik. Ijazah perlu di legalisir dari pihak kementrian.Disini semuanya gratis dan tidak perlu tunggu lama.Max.copy dokumen = 3 set.Gedungnya dapat dicapai dengan bus no.601 dari stasiun Putra Jaya KLIAtransit*.
*Kalau datang dari LCCT,bisa naik bus ke salak tinggi disambung KLIAtransit turun di stasiun Putra Jaya.
Kedua.Setelah selesai,perlu segera ke kementrian luar negeri,tepatnya di wisma putra (masih seputaran Putra Jaya), dapat dicapai dengan bus no.600 dari halte depan gedung kementrian pengajian tinggi.Disini antrian agak lama karena banyak orang melakukan pengurusan untuk keperluan yang berbeda.Legalisir disini akan dikenakan biaya,RM.10 /capnya.Antrian hanya diterima sampai jam 4.00pm.Beruntungnya saya,bisa sampai tujuan jam 3.30pm dan hanya menunggu 1 jam untuk hasilnya.Dari sana saya langsung menuju Bukit Bintang untuk cari penginapan.
Hari kedua
Ketiga.Legalisir ijazah di kedutaan Taiwan.Baiknya datang pagi,karena disini sudah ada ketentuan jam pengumpulan dan pengambilan*.Biaya RM.150 /set.Proses pengerjaan standard = 3hari kerja,kalau mau jadi hari itu juga tambah biaya RM.75. Untuk pengurusan disini relatif mudah.
*Submission time: 9.00-12.00am
*Collection time: 3.30-4.30pm
Keempat.Sambil nunggu hasil,bisa jalan-jalan seputaran Bukit Bintang ;)) ..But have a smart shopping ya:)

Itu diaaa perjalanan singkat saya untuk persiapan berangkat ke Taiwan.Selanjutnya tinggal pengurusan visa di Jakarta.

You Might Also Like

2 comments

  1. hi.. saya mau bertanya, dokumen apa saja yang perlu saya bawa kemasing2 depertment?
    apakah qta perlu translate ijasah dari bahasa inggris ke mandarin?

    terima kasih

    ReplyDelete
  2. Hi..
    Seingat saya univ akan mengirim checklist (by email) utk berkas2 yang harus dibawa.

    Utk ijazah tidak perlu di translate ke mandarin.

    Klo boleh tau masuk univ mana?

    ReplyDelete